Kamis, 05 Juli 2012

FIQIH




1.     Pengertian muamalah menurut segi bahasa,berasal dari kata
 عامل – يعامل – معاملة  artinya saling bertindak, saling berbuat, dan saling mengamalkan dan menurut istilah, pengertian muamalah  dalam arti luas menurut Al Dimyati adalah                                                 خِرِ  التَّحْصِيْلُ الُّدنْيَوِي ِلَيكُوْنَ سَبَبًا ِلْلأ
“Menghasilkan duniawi, supaya menjadi sebab suksesnya masalah ukhrawi.
2.     Menurut istilah, pengertian muamalah dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu pengertian muamalah dalam arti luas dan pengertian muamalah dalam arti sempit. Definisi muamalah dalam arti luas menurut adalah “Menghasilkan duniawi,supaya menjadi sebab suksesnya masalah ukhrawi”.
Sedangkan pengertian muamalah dalam arti sempit menurut Hudlari Byk adalah                   اْلمُعَامَلَاتُ جَمِيْعُ اْلعُقُوْدِ  اَلِّتيْ بِهَا يَتَبَادَلُ مَنَافِعُهُمْ   “Muamalah adalah semua akad yang membolehkan manusia saling menukar manfaatnya.
Menurut Idris Ahmad, muamalah adalah aturan-aturan Allah yang mengatur hubungan manusia dengan manusia dalam usahanya untuk mendapatkan alat-alat keperluan jasmaninya dengan cara yang paling baik.
3.     Perkataan jual beli dalam bahasa arab adalah yang menurut bahasa artinya memberikan sesuatu untuk mendapatkan sesuatu. Atau tukar menukar sesuatu. Jual beli menurut syara’ adalah menukarkan suatu barang dengan barang yang lain menurut cara yang diatur oleh syara’. Aturan tersebut meliputi ijab kabul, syarat, dan rukun jual beli. Dan Pada dasarnya hukum jual beli adalah halal, berdasarkan firman Allah Swt.
¨@ymr&ur ª!$# yìøt7ø9$# tP§ymur (#4qt/Ìh9$# 4                                                 
275, Padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.                                                                                (Q.S Al-Baqarah: 275)

4.     Jual beli yang terlarang karena kurang rukun dan syarat :
1)    Jual beli sistem ijon
Sistem ijon adalah jual beli yang belum jelas barangnya, seperti padi yang        masih dibatangnya.
2)    Jual beli binatang ternak yang masih di dalam kandungan
3)    Jual beli sperma hewan
4)    Jual beli barang yang belum dimiliki
5)    Jual beli barang yang diharamkan

5.     Contoh-contoh pinjam- meminjam yang hukumnya wajib adalah sebagai berikut.
a.       Meminjamkan kendaraan untuk membawa orang sakit berobat kerumah sakit.
b.      Meminjamkan pakaian atau mukena untuk keperluan sholat.
c.       Meminjamkan uang untuk biaya berobat bagi orang sakit yang terancam mati jika tidak segera berobat.

Pinjam-meminjam menjadi haram hukumnya jika barang yang dipinjamkan   tersebut digunakan untuk berbuat maksiat. Sebagaimana contoh berikut.
a.     Meminjamkan pisau untuk menondong atau  untuk membunuh orang lain.
b.    Meminjamkan kendaraan untuk menjambret atau mencopet.
c.     Meminjam rumah untuk berjudi dan minum-minuman keras.

6.     Rukun utang piutang
a.       Ada pihak yang memberi utang dan pihak yang menerima utang. Syarat keduanya adalah berakal sehat, baligh, dewasa, mampu berbuat dan cakap dalam mengelola harta.
b.      Ijab Kabul utang piutang
Contohnya ijab, “ saya utang kan ini kepadamu dan kembalikan sebesar ini bulan depan”, saya menerima utang ini dan akan dikembalikan sesuai ini pada tanggal satu bulan depan”.
c.       Ada harta yang diutangkan. Syarat-syarat harta tersebut adalah sebagai berikut:
1)      Harta itu benar-benar milik orang yang memberi utang
2)      Ada guna dan manfa’atnya
Dalil naqli berkenaan dengan utang piutang  Allah swt. Berfirman:
$ygƒr'¯»tƒ šúïÏ%©!$# (#þqãZtB#uä #sŒÎ) LäêZtƒ#ys? AûøïyÎ/ #n<Î) 9@y_r& wK|¡B çnqç7çFò2$$sù
Artinya:
Wahai orang orang yang beriman, jika kamu bermuamalah (jual beli, utang piutang, dan sewa menyewa) untuk waktu yang ditentukan, maka hendaklah kamu tuliskan.
7.     Sifat yang wajib bagi Allah ada 20 sifat yaitu wujud, qidam , baqa’, mukhalafatuhu lil hawaditsi, qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, qudrat, iradat, ilmu, hayat, sama’, bashor, kalam, qodirun, muridun, alimun, hayyun, samiun’,bashirun, dan mutakallimun.                                                   
8.     Ibadah  mahdah artinya ibadah yang sudah ditentukan baik waktu, ukuran maupun caranya,misalnya shalat, zakat, puasa,haji dan lain-lain. Sedangkan ibadah ghairu mahdah ialah ibadah yang tidak ditentukan waktu dan ukuran kadarnya,misalnya shadaqah, membaca al qur’an.dll. 
9.     Cara kita mengaplikasikan al qur’an dan hadits sebagai pedoman hidup yaitu dengan mengamalkan isi kandungan yang terdapat didalamnya yang penuh dengan hikmah dan manfaat untk kebaikan kita dan menjadi acuan /pondasi dasar untuk kita bisa selalu bertaqwa kepada Allah SWT dalam kehidupan kita sehari-hari.
10.           Sebab-sebab runtuhnya dinasti umayyah yaitu pigur seorang pemimpin khalifah yang lemah, hak istemewa bangsa arab suriah, pemerintahan yang tidak demokratis adil dan korupsi, dan persaingan antar suku.
11.           Tolak ukur suatu Perbuatan atau akhlaq kita itu bisa dikatakan baik atau salah yaitu dengan tiga hal : .1. agama  .2. adat dimasyarakat  .3. akal sehat
12.           Ahli hadits dan ahli ushul berbeda pendapat dalam memberikan pengertian hadits. Diantara ulama’ ahli hadits sendiri diantara satu dan yang lainnya agak berbeda. Ada yang mendefinisikan bahwa hadits segala perkataan, perbuatan, dan hal ilwahnya Nabi SAW. Adapula yang mendefinisikan sebagai segala sesuatu yang bersumber dari Nabi SAW, baik berupa perkataan, perbuatan, taqrir maupun sifatnya. Demikian juga ada yang merumuskannya dengan:
ﺍﻗﻮﺍﻟﻪﺼﻠﻰﺍﻠﻟﻪﻋﻠﻴﻪﻮﺴﻠﻢﻮﺤﻮﺍﻟﻪ
segala ucapan Nabi SAW, segala perbuatan dan segala keadaannya”

Masuk ke dalam “keadaannya” segala yang diriwayatkan dalam kitab sejarah, seperti hal kelahirannya, tempatnya dan  yang sangkut paut dengan itu, ketika sebelum diutus maupun sesudahnya.
Sebagian ulama’ seperti Ath-thiby berpendapat bahwa : “hadits itu melengkapi sabda nabi, perbuatan beliau dan taqrir beliau : melengkapi perkataan, perbuatan dan taqrir para shahabat, sebagai mana pula melengkapi perkataan, perbuatan dan taqrir para tabi’in’.
- Sunnah adalah salah satu kosa kata bahasa Arab سنة (sunnah). Secara bahasa, kataالسنة (al-sunnah) berarti السيرة حسنة كانت أو قبيحة (perjalanan hidup yang baik atau yang buruk). Pengertian di atas didasarkan kepada Hadîts Nabi Saw yang diriwayatkan oleh Muslim sebagai berikut:
من سن في الإسلام سنة حسنة فله أجرها و أجر من عمل بها بعده من غير أن ينقص من أجورهم شيء. و من سن سنة سيئة فعليه وزرها و وزر من عمل بها بعده من غير أن ينقص من أوزارهم شيء.
Artinya: Barangsiapa membuat sunnah yang baik maka dia akan memperoleh pahalanya dan pahala orang yang mengamalkannya sesudahnya tanpa mengurangi pahalanya sedikitpun. Barang siapa membuat sunnah yang buruk  maka dia akan memperoleh dosanya dan dosa orang yang mengamalkannya sesudahnya tanpa mengurangi dosa mereka sedikit pun.
 Kata الخبر (al-Khabar) adalah salah satu kosa kata bahasa Arab. Jamaknya adalah الأخبار(al-akhbar). Secara bahasa kata al-khabar berarti النبأ (al-naba'; berita yang besar) .
Khabar menurut bahasa adalah “warta berita yang disampaikan seseorang kepada orang lain”. Jama’nya : akhbar, muradifnya : naba’ yang jama’nya anba, orang yang banyak khabar dinamai “khabir”.
Khabar menurut istilah ahli hadis adalah “warta baik dari Nabi Muhammad SAW maupun dari sahabat ataupun tabiin” menurut ini hadits dapat dinamai hadits marfu’, hadits mauquf dan hadits maqthu.
Dalam hal ini orang yang meriwayatkan hadits dinamai “Muhadisin” dan orang yang meriwayatkan sejarah dinamai akhbari atau khabari.
Ulama’ lain mengatakan bahwa al-khabar  adalah sesuatu yang datang selain dari nabi Muhammad SAW, sedang yang datang dari nabi Muhammad SAW dsebut hadis. Ada juga yang mengatakan hadis lebih umum dan lebih luas dari pada khabar, sehingga tiaphadis dapat dikatakan khabar tetapi tidak setiap khabar dikatakan hadis.
Sedangkan kata al-Atsar (الأثر) adalah salah satu kata bahasa Arab. Jamaknya adalah آثار (atsar). Secara bahasa kata الأثر berarti: بقية الشيء (bekas sesuatu)
            Para ahli berbeda pendapat dalam memberikan batasan makna al-atsar. Menurut al-Nawawiy, al-atsar adalah:
المروي مطلقا سواء كان عن رسول الله صلى الله عليه وسلم أو عن الصحابي.
Artinya: Sesuatu yang diriwayatkan secara muthlaq baik yang berasal dari Rasulullah Saw atau dari shahabiy.
Pendapat yang mirip dikemukakan oleh al-Sakhawiy, menurutnya al-atsar adalah:
الأحاديث مرفوعة كانت أو موقوفة على المعتمد
            Pendapat ini, menurut al-Nawawiy dipilih oleh para ahli Hadits dan selain mereka dan juga diperpegangi oleh ulama salaf dan mayoritas khalaf.

13.            Sebelum pengaruh islam masuk ke Indonesia, di kawasan ini sudah terdapat kontak-kontak dagang, baik dari Arab, Persia, India dan China. Islam secara akomodatif, akulturasi, dan sinkretis merasuk dan punya pengaruh diarab, Persia, India dan China. Melalui perdagangan itulah Islam masuk ke kawasan Indonesia. Dengan demikian bangsa Arab, Persia, India dan china punya nadil melancarkan perkembangan islam di kawasan Indonesia.
14.           Taubatan nashuha artinya meninggalkan kesalahan yang lalu dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi.
ciri-ciri bahwa taubat seorang diterima oleh Allah?
1. dirinya jauh dan terhindar dari maksiat
2. ia merasakan hatinya selalu bergembira dan rasanya Allah begitu dekat
dengannya
3. dekat dengan orang-orang yang sholeh dan jauh dari ahli maksiat
4. ia merasa puas mendapatkan segi dunia meski sedikit,sebaliknya ia merasa
kurang walaupun dia telah melakukan banyak amalan akhirat.
5. ia menyibukkan hatinya dengan sesuatu yang diwajibkan Allah
6. ia menjaga lisannya,selalu tafakur,dan selalu menyesali dosa-dosa yang pernah dikerjakan.
[Imam Ghazali]
15.           Iman menurut bahasa berarti keyakinan atau kepercayaan,sedangkan menurut istilah berarti kepercayaan tentangadanya Allah sekaligus membenarkan apa saja yang datang dari Allah dengan cara meyakini dalam hati, menyatakan dengan lisan, dan membuktikan dengan amal nyata.
Iman kepada Allah Swt berarti meyakini dalam hati sifat-sifat kesempurnaan Allah yang maha suci dari sifat-sifat kekurangan, ditunjukkan dengan lisan, dan dilaksanakan dengan amal perbuatan









Tidak ada komentar:

Posting Komentar