Jumat, 06 Juli 2012

EVALUASI HASIL BELAJAR PAI


BANK  SOAL  EVALUASI  HASIL  BELAJAR  PAI

          (MUDAH)
1.    Apa pengertian evaluasi pendidikan?
Evaluasi menurut Griffin & Nix (1991) adalah judgment (keputusan) terhadap nilai atau implikasi dari hasil pengukuran.
Menurut definisi ini kegiatan evaluasi selalu didahului dengan kegiatan pengukuran dan penilaian.
Pengukuran lebih bersifat kuantitatif/ berupa angka-angka. Sedangkan penilaian bersifat kualitatif, nilai atau norma.
Contoh 2 buah pensil yang berbeda panjangnya.
-          Menurut Suharsimi Arikunto, bahwa evaluasi  ada dua kegiatan, yaitu: pengukuran (measurement),  dan kegiatan penilaian.
  Evaluasi Pedidikan adalah suatu proses yg sistematis  utk mengukur dan menilai kemampuan siswa dalam menguasai bahan-bahan yg tlh disampaikan melalui proses pembelajaran dgn menetapkan skor atau nilai
2.    Agar  Evaluasi dpt dipertanggungjawabkan alat ukur (instrument test) harus valid dan Reliabel,apa yang dimaksud dengan valid dan reliabel? 
Valid artinya: sahih atau terstandar, sementara Reliable adalah dapat dipercaya/ dapat dipertanggungjawabkan hasilnya.

( MENENGAH)

3.    sebutkan tujuan evaluasi pendidikan?
-          Tujuan Evaluasi Pendidikan adalah Utk mengetahui sejauhmana anak menguasai  materi pelajaran yg diberikan.
-          Utk mengetaui sejauhmana keuletan dan kemampuan anak terhdp ranah materi.
-          Utk mengetahui tingkat kemajuan siswa sdh sesuai dgn tingkat kemampuan menurut program kerja.
-          Utk megetahui derajat efesiensi & efektifi-tas penggunaan strategi, media, metode maupu teknik pembelajaran  

4.    Sebutkan fungsi evaluasi yang kamu ketahui?
Menurut Zainal Arifin evaluasi pendidikan berfungsi:
a.       Secara psikologis
b.      Secara sosiologis
c.       Secara Didaktis-Metodis
d.      Secara Administratif
e.       Untuk mengetahui status siswa diantara teman-2nya.
f.       Taraf kesiapan siswa
Membantu guru dalam memberikan bimbingan dan seleksi

Menurut Chabib Toha, fungsi evaluasi dapat dilihat dari segi pemakainya.
a.       Bagi guru, meliputi;
            1) Utk mengetahui kemajuan siswa.
2) Utk mengetahui kedudukan siswa dlm kelompoknya.
3) Utk mengetahui kelemahan cara mengajar
4) Utk memperbaiki PBM
5) Utk menentukan kenaikan kelas & lulusan siswa.

b. Bagi Siswa
            1) Utk mengt. Hasil belajar & kemajuannya.
            2) Utk memperbaiki cara belajar.
            3) Utk menumbuhkan motivasi belajar
c. Bagi Sekolah          
            1) Utk mengukur mutu hasil pendidikan
            2) Utk menget kemajuan dan kemunduran sekolah
            3) Utk membuat keputusan dlm memperbaiki kur.
            4) Utk. Membuat keputusan terhadap siswa.
d. Bagi orang tua
            1) Utk menget kemajuan belajar anaknya
            2) Utk meningkatkan pengawasan & bimbingan
            3) Utk Mengarahkan jurusan.

e. Bagi Masyarakat.
            1) Utk mengetahui Kemajuan sekolah
            2) Utk memberikan kritik  dan saran
            3) Utk meningkatkan partisipasi dari masyarakat Dalam membantu lembaga        pendidikan.



(SULIT)
5.    Jelaskan dan paparkan prinsip evaluasi pendidikan yang anda ketahui?

Prinsip  Evaluasi Pendidikan
1.       Prinsip Dasar
Evaluasi pada peserta didik untuk membantu mereka mencapai perkembangan yang maksimal sesuai kemampuannya.
Evaluasi sebagai alat komunikasi antara sekolah, orang tua, dan masyarakat.
Analisa hasil evaluasi harus dibandingkan dengan anak itu sendiri.
Melaksanakan evaluasi itu hendaknya memakai berbagai macam alat (instrument).

2.      Prinsip Pelaksanaan
a.       Berorientasi pada tujuan/kompetensi
b.       Objektif
c.       Berkelanjutan
d.      Komprehensif      
e.         Praktis


6.    Sebutkan jenis-jenis evaluasi pendidikan yang kamu ketahui?  Dan jelaskan masing-masing jenis evaluasi pendidikan tersebut?

1.       EVALUASI FORMATIF
      Ulangan harian atau bulanan setelah guru menyelesaikan setiap satu/dua materi pokok atau satu atau dua KD.   

 2.  EVALUASI SUMATIF
      Ulangan umum Cawu atau semester, ulangan ini sudah dijadwalkan oleh sekolah sesuai kalender pendidikan di sekolah
3.   EVALUASI PENEMPATAN (Placement Test)
       Test yang digunakan untuk menempatkan   siswa  dalam kelompok pembelajaran sesuai dengan tingkat kemampuannya
4.   EVALUASI DIAGNOSTIK
      Test untuk menganalisis kelemahan dan problem belajar siswa.

*      Jenis Evaluasi bila ditinjau dari cara pelaksanaannya, ada 3 yaitu: Evaluasi lisan, tertulis dan unjuk kerja (performace)

7.    Secara umum alat (istrument) evaluasi pendidikan terbagi 2 (dua) kelompok, yaitu:
Alat berupa test, dan Alat yang berupa nontest, jelaskan kedua alat tersebut?

Alat-alat yang berupa test, yaitu:
1. Test objective, terdiri dari:
  a. True-false
  b. Multipal choice
  c. Matching test
  d. Fill in/completion test
2. Test Essay, terbagi pada dua:
   a. Essay pendek (short essay) atau essay tertutup
   b. Essay panjang (long essay)/essay terbuka

Alat-alat yang berupa nontest, yaitu:
  Alat non test yaitu alat ukur yg sebenarnya bukan maksud manguji kemampuan siswa, akan tetapi hanya ingin mengetahui minat, bakat, psikologi dan sebagainya.
  Alat-alat non test, berupa
a. Angket; terbuka dan tertutup
b. Interview (wawancara); langsung dan tdk langsung 
c. Check list (daftar cek)
d.Value scale/norm scale (skala nilai)
e. Observasi; langsung dan tdk langsung.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar