BANK
SOAL EVALUASI HASIL BELAJAR PAI
(MUDAH)
1. Apa
pengertian evaluasi pendidikan?
Evaluasi menurut Griffin & Nix (1991) adalah
judgment
(keputusan) terhadap nilai
atau implikasi dari hasil pengukuran.
Menurut definisi ini kegiatan evaluasi selalu didahului dengan kegiatan pengukuran dan penilaian.
Menurut definisi ini kegiatan evaluasi selalu didahului dengan kegiatan pengukuran dan penilaian.
Pengukuran lebih bersifat kuantitatif/ berupa
angka-angka. Sedangkan penilaian bersifat kualitatif, nilai atau norma.
Contoh 2 buah pensil yang berbeda panjangnya.
-
Menurut Suharsimi Arikunto, bahwa evaluasi ada dua kegiatan, yaitu: pengukuran
(measurement), dan kegiatan penilaian.
Evaluasi
Pedidikan adalah suatu proses yg sistematis
utk mengukur dan menilai kemampuan siswa dalam menguasai bahan-bahan yg
tlh disampaikan melalui proses pembelajaran dgn menetapkan skor atau nilai
2. Agar
Evaluasi dpt dipertanggungjawabkan alat ukur
(instrument test) harus valid dan Reliabel,apa yang dimaksud dengan
valid dan reliabel?
Valid
artinya: sahih atau terstandar, sementara Reliable adalah dapat dipercaya/ dapat
dipertanggungjawabkan hasilnya.
( MENENGAH)
3. sebutkan
tujuan evaluasi pendidikan?
-
Tujuan Evaluasi Pendidikan
adalah Utk mengetahui
sejauhmana anak menguasai materi
pelajaran yg diberikan.
-
Utk mengetaui sejauhmana keuletan dan kemampuan anak
terhdp ranah materi.
-
Utk mengetahui tingkat kemajuan siswa sdh sesuai dgn
tingkat kemampuan menurut program kerja.
-
Utk megetahui derajat efesiensi & efektifi-tas
penggunaan strategi, media, metode maupu teknik pembelajaran
4. Sebutkan
fungsi evaluasi yang kamu ketahui?
Menurut
Zainal Arifin evaluasi pendidikan berfungsi:
a.
Secara psikologis
b.
Secara sosiologis
c.
Secara Didaktis-Metodis
d.
Secara Administratif
e.
Untuk mengetahui status siswa diantara teman-2nya.
f.
Taraf kesiapan siswa
Membantu
guru dalam memberikan bimbingan dan seleksi
Menurut
Chabib Toha, fungsi evaluasi dapat dilihat dari segi pemakainya.
a.
Bagi guru, meliputi;
1) Utk
mengetahui kemajuan siswa.
2) Utk mengetahui kedudukan
siswa dlm kelompoknya.
3) Utk mengetahui kelemahan
cara mengajar
4) Utk memperbaiki PBM
5) Utk menentukan kenaikan
kelas & lulusan siswa.
b.
Bagi Siswa
1)
Utk mengt. Hasil belajar & kemajuannya.
2)
Utk memperbaiki cara belajar.
3)
Utk menumbuhkan motivasi belajar
c.
Bagi Sekolah
1) Utk mengukur mutu hasil
pendidikan
2) Utk menget kemajuan dan
kemunduran sekolah
3) Utk membuat keputusan dlm
memperbaiki kur.
4) Utk. Membuat keputusan terhadap
siswa.
d.
Bagi orang tua
1) Utk menget kemajuan belajar
anaknya
2) Utk meningkatkan pengawasan &
bimbingan
3) Utk Mengarahkan jurusan.
e.
Bagi Masyarakat.
1) Utk mengetahui Kemajuan sekolah
2) Utk memberikan kritik dan saran
3) Utk meningkatkan partisipasi dari
masyarakat Dalam membantu lembaga pendidikan.
(SULIT)
5. Jelaskan
dan paparkan prinsip evaluasi pendidikan yang anda ketahui?
Prinsip Evaluasi Pendidikan
1. Prinsip Dasar
Evaluasi pada peserta didik
untuk membantu mereka mencapai perkembangan yang maksimal sesuai kemampuannya.
Evaluasi sebagai alat
komunikasi antara sekolah, orang tua, dan masyarakat.
Analisa hasil evaluasi harus
dibandingkan dengan anak itu sendiri.
Melaksanakan evaluasi itu
hendaknya memakai berbagai macam alat (instrument).
2. Prinsip
Pelaksanaan
a. Berorientasi
pada tujuan/kompetensi
b. Objektif
c. Berkelanjutan
d. Komprehensif
e. Praktis
6. Sebutkan
jenis-jenis evaluasi pendidikan yang kamu ketahui? Dan jelaskan masing-masing jenis evaluasi
pendidikan tersebut?
1. EVALUASI
FORMATIF
Ulangan harian atau bulanan setelah guru
menyelesaikan setiap satu/dua materi pokok atau satu atau dua KD.
2. EVALUASI SUMATIF
Ulangan umum Cawu atau semester, ulangan
ini sudah dijadwalkan oleh sekolah sesuai kalender pendidikan di sekolah
3. EVALUASI
PENEMPATAN (Placement Test)
Test yang digunakan untuk
menempatkan siswa dalam kelompok pembelajaran sesuai dengan
tingkat kemampuannya
4. EVALUASI DIAGNOSTIK
Test untuk menganalisis kelemahan dan
problem belajar siswa.
Jenis Evaluasi bila ditinjau dari cara pelaksanaannya,
ada 3 yaitu: Evaluasi lisan, tertulis dan unjuk kerja (performace)
7. Secara umum alat
(istrument) evaluasi pendidikan terbagi 2 (dua) kelompok, yaitu:
Alat
berupa test, dan Alat yang berupa nontest, jelaskan kedua alat
tersebut?
Alat-alat yang berupa test, yaitu:
1.
Test objective, terdiri dari:
a. True-false
b. Multipal
choice
c. Matching test
d. Fill
in/completion test
2.
Test Essay, terbagi pada dua:
a. Essay pendek (short essay) atau essay
tertutup
b. Essay panjang (long essay)/essay terbuka
Alat-alat
yang berupa nontest, yaitu:
Alat non test yaitu alat ukur yg sebenarnya bukan maksud
manguji kemampuan siswa, akan tetapi hanya ingin mengetahui minat, bakat,
psikologi dan sebagainya.
Alat-alat non test,
berupa
a.
Angket; terbuka dan tertutup
b.
Interview (wawancara); langsung dan tdk langsung
c.
Check list (daftar cek)
d.Value
scale/norm scale (skala nilai)
e.
Observasi; langsung dan tdk langsung.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar