Nama : MUHIDIN
Nim : 1001210420
Fakultas : Tarbiyah
Jurusan : Pendidikan Agama Islam (PAI
D) 2010
1. kemukakan perbedaan istilah pengukuran,
penilaian dan evaluasi ?
2. buatkan contoh soal bentuk multiple choice,
dan fill-in masing-masing 10 item soal pada materi PAI tingkat SMP/SMA, Lengkap dengan
kunci jawabannya ?
3. buatkan contoh instrumen untuk ranah
keterampilan fisik, hingga mendapat nilai jadi,
( materi PAI )
4. seseorang siswa dapat disebut sebagai siswa
yang berprestasi, jika memenuhi prestasi pada aspek apa saja, jelaskan ?
Jawaban.
1. Pengukuran lebih bersifat kuantitatif/ berupa angka-angka.
Sedangkan penilaian bersifat kualitatif, nilai atau norma, sedangkan evaluasi
adalah judgment (keputusan) terhadap nilai atau implikasi dari
hasil pengukuran.
mengukur
: membandingkan sesuatu dengan satu ukuran (kuntitatif) mengetahui keadaan
suatu hal menurut apa adanya yang biasanya dinyatakan dalam bilangan.
Menilai
: keputusan terhadap suatu ukuran baik atu buruk (kualitatif) pemberian makna
dari hasil pengukuran dengan suatu acuan yang relevan sehingga diperoleh hasil
kualitas. Dan evaluasi adalah langkah mengukur dan menilai.
2.
Multiple choice adalah Tes
pilihan ganda, tes ini untuk setiap pertanyaan disediakan 3,4,5 jawaban, untuk
itu siswa diminta memilih satu jawaban yang paling benar dari alternatif
jawaban tersebut. Dan fill-in adalah tes isian, siswa diminta untuk mengisi
kalimat yang masih kosong, kadang-kadang berupa cerita atau bagian yang penting
dihilangkan siswa diminta untuk mengisi bagian yang kosong tersebut.
I. PILIHAN GANDA
Pilihlah a, b, c, d atau e sebagai
jawaban yang kamu anggap benar !
1.
Setelah berusaha sekuat
tenaga dan hasilnya diserahkan kepada Allah, disebut ...
a. tawaduk
d. tabah
b. tawakal
e. taqarrub
c. tafakkur
d. tabah
2. Sifat-sifat
orang yang mempunyai nafsul amarah antara lain adalah mudah, kecuali...
a. marah
d. dengki
b. sedih
e. tamak
c. sombong
3. Sikap prilaku yang sesuai dengan ajaran Islam
disebut akhlakul ...
a. qabihah d. mahmudah
b. sayyiah e. fasidah
c. mazmumah
4. Usaha
sesoeorang untuk mewujudkan cita-citanya
disebut ...
a. ikhtiar d. istiqamah
b. ijtihad e. istidraj
c. istikharah
5. Berikut ini
yang bukan contoh-cotoh sikap orang yang sudah bertaubat kepada Allah adalah
...
a. membenci dan memusuhi teman-temannya yang
jahat
b. memperbaiki hablumminallah dan hablumminannasnya
c. menjaga lidahnya dari ucapan yang tidak
berguna
d. lebih mengutamakan pekerjaan mencari bekal
akhirat
e. menjaga hatinya dari segala sifat iri,
dengki dan dendam kepada sesama
6. ﻜل بنى أدم خطاء و
خير الخطاءين التوابون Hadis tersebut
mengandung pengertian bahwa setiap manusia memiliki kesalahan
dan ...
a. sebaik-baik orang yang bersalah adalah
orang yang bertobat
b. orang yang bertobat akan mendapat nikmat
yang besar
c. sebaik-baik manusia adalah orang yang tidak
memiliki dosa
d. orang yang berbuat dosa berarti berkurang
imannya
e. setiap orang yang berdosa Allah selalu
menerima tobatnya
Èbr&ur (#rãÏÿøótFó$# ö/ä3/u §NèO (#þqç/qè?
Ïmøs9Î) ÇÌÈ....
7. Firman
Allah diatas berisi perintah tentang…
a. optimis d. bersyukur
b.
ikhtiar e. beramal
c.
bertobat
8. Kesempatan
bertobat bagi manusia adalah …
a. sampai
umur 65 tahun
b. sampai
usia pikun
c. selama
usia masih muda
d. tidak ada
batasnya
e. sebelum sakratul maut
9. Kebalikan dari akhlak mazmumah adalah…
a.
karimah d. hasanah
b.
qabihah e. sayyiah
c. mahmudah
d. fasidah
10. Taubat nasuha adalah taubat yang mempunyai
indikasi berikut ini, kecuali ...
a. dilakukan
dengan sunggh-sungguh
b. berhenti
total dari perbuatan tercela
c. hanya
mengharapkan rida Allah
d. menyesali
perbuatan dosa yang dilakukan
e. menjauhkan diri dari masyarakat
kunci jawaban
.1.b .2.b
.3.d .4.a .5.a .6.a .7.c .8.e .9.c .10.e
II. Tes obyektif bentuk fill
in
Nabi Muhammad SAW adalah nabi terakhir yang lahir pada tanggal .... (1);
ibunya bernama .... (2); dan ayahnya bernama .... (3); setelah orang tuanya
meninggal Beliau diasuh oleh kakeknya yang bernama ..... (4); Setelah kakeknya
meninggal, ia dijaga oleh pamannya,... (5). Ketika inilah ia diminta
menggembala kambing-kambingnya di sekitar Mekkah dan kerap menemani pamannya
dalam urusan dagangnya ke negeri Syam (Suriah, Lebanon, dan Palestina). Nabi
Muhammad menikah dengan seorang saudagar yang kaya raya bernama ..... (6) pada
usia 25tahun. Saat itu Khadijah telah berusia mendekati umur...(7) tahun, namun ia masih memiliki kecantikan yang
dapat menawan Nabi Muhammad SAW.
Ketika Nabi Muhammad berumur 35 tahun, ia ikut bersama kaum Quraisy dalam
perbaikan Ka'bah. Pada saat pemimpin-pemimpin suku Quraisy berdebat tentang
siapa yang berhak meletakkan.... (8), Muhammad dapat menyelesaikan masalah
tersebut dan memberikan penyelesaian adil. Saat itu ia dikenal di kalangan
suku-suku Arab karena sifat-sifatnya yang terpuji. Kaumnya sangat mencintainya,
hingga akhirnya ia memperoleh gelar..... (9) yang artinya "orang yang
dapat dipercaya".
Muhammad pertama
kali diangkat menjadi rasul pada malam hari tanggal...(10), diriwayatkan
Malaikat Jibril datang dan membacakan surah pertama dari Quran yang disampaikan
kepada Muhammad, yaitu surah Al-Alaq.
Jawaban :
1. 12 rabiul
awal
2. Siti aminah
3. Abdullah
4. Abdul
muthollib
5. Abu Thalib
6. Siti khadijah
7. 40
8. Hajar aswad
9. Al amin
10. 17 Ramadhan/
6 Agustus 611 M
3.
LEMBARAN OBSERVASI
Penilaian Aspek Psikomotorik
Tujuan : Mengukur
keterampilan azan, iqamah, dan shalat berjamaah.
Nama : MUHIDIN
Kelas : VII (A)
Materi : azan, iqamah, dan shalat
berjamaah
Praktikum 1
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
(1)
( 2) ( 3)
|
Keterangan
|
||
1
|
Keterampilan melapalkan azan dan iqamah
|
|
|
ü
|
|
2
|
Mempraktikan shalat berjamaah
|
|
|
ü
|
|
3
|
Keterampilan cara mengatur saf dalam shalat berjamaah
|
|
ü
|
|
|
4
|
Kemampuan
melafalkan bacaan-bacaan dalam shalat berjamaah
|
|
|
ü
|
|
5
|
Mampu
mempraktikkan cara-cara menjadi makmum yang masbuk
|
|
ü
|
|
|
6
|
Mampu mengingatkan imam yang lupa
|
|
|
ü
|
|
7
|
Mempraktikan
cara menggantikan imam yang batal
|
|
ü
|
|
|
Jumlah : 18
N = SP : S. MAX x SN (10/100)
N = 18 : 21 x 10 = 8,5 ( B+)
4. Prestasi seorang siswa ternyata tolak ukurnya berbeda-beda. Ada
anak anak yang kuat hapalannya disebut berprestasi, ada yang bagus suaranya
disebut berprestasi, ada pula yang kuat fisiknya disebut berprestasi dan lain
sebagainya.
S. Nasution berpendapat bahwa prestasi belajar
merupakan kesempurnaan seorang peserta didik dalam berpikir, merasa dan
berbuat.
Menurut
Nasution prestasi belajar seorang peserta didik dikatakan sempurna jika
memenuhi tiga aspek yaitu:
a.
Aspek kognitif
Aspek
kognitif adalah aspek yang berkaitan dengan kegiatan berpikir. Aspek ini sangat
berkaitan erat dengan tingkat intelegensi (IQ) atau kemampuan berpikir peserta
didik. Sejak dahulu aspek kognitif selalu menjadi perhatian utama dalam sistem
pendidikan formal. Hal itu dapat dilihat dari metode penilaian pada
sekolah-sekolah di negeri kita dewasa ini sangat mengedepankan kesempurnaan
pada aspek kognitif.
b.
Aspek afektif
Aspek
afektif adalah aspek yang berkaitan dengan nilai dan sikap. Penilaian pada
aspek ini dapat terlihat pada kedisiplinan, sikap hormat terhadap guru,
kepatuhan dan lain sebagainya. Aspek afektif berkaitan erat dengan kecerdasan
emosi (EQ) peserta didik.
c.
Aspek psikomotorik
Aspek
psikomotorik menurut kamus besar bahasa indonesia adalah segala sesuatu yang
berkaitan dengan kemampuan gerak fisik yang mempengaruhi sikap mental. Jadi
sederhananya aspek ini menunjukkan kemampuan atau keterampilan (skill) peserta
didik setelah menerima sebuah pengetahuan.
Jadi
seseorang siswa dapat disebut sebagai siswa yang berprestasi, jika memenuhi
prestasi pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar